Demam Berdarah

Kamis, 14 Februari 2013


penyakit demam berdarah
Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti melalui gigitannya. Nyamuk jenis ini banyak ditemukan pada wilayah tropis dan subtropis seperti di wilayah asia tenggara, amerika tengah dan amerika selatan serta di sebagian wilayah afrika. Demam berdarah umumnya lebih banyak diderita oleh orang dengan tingkat kekebalan tubuh yang rendah. Menurunnya sistem kekebalan tubuh bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, namun seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kekebalan tubuh seseorang dapat menurun jika tubuh kekurangan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Indonesia termasuk negara yang paling rentan terhadap demam berdarah, selain iklim yang mendukung, kebersihan lingkungannya pun masih sangat buruk selain tentu saja buruknya kepedulian kita terhadapkesehatan. Berikut beberapa gejala yang umum di temukan pada para penderita demam berdarah:

Gejala demam berdarah

  • Demam yang berlangsung antara 2 sampai 7 hari berturut-turut
  • Sakit kepala
  • Rasa sakit yang terjadi pada daerah di belakang organ mata
  • Nyeri pada otot dan sendi
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Merasa kelelahan sepanjang hari
  • Mual dan terkadang disertai muntah-muntah
  • Bintik-bintik merah pada kulit
Bintik-bintik merah tersebut bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh atau hanya pada sebagian anggota badan saja. Jika demam berdarah yang diderita sudah cukup parah dan tidak segera mendapat penanganan yang baik maka korbannya dapat mengalami batuk-batuk disertai dengan bercak darah. Bercak darah ini tidak hanya keluar dari rongga mulut saja, namun juga sering ditemukan keluar dari rongga mata, telinga atau pun hidung. Ini lah sebabnya dinamakan demam berdarah. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 1779, hingga kini demam berdarah belum bisa dicegah dengan penggunaan vaksin.

Pencegahan demam berdarah

Karena penyakit demam berdarah belum bisa dicegah dengan menggunakan vaksin, maka tidak ada cara lain untuk menghindari dan mencegah demam berdarah selain menjalankan cara-cara berikut:
  1. Bersihkan secara rutin tempat tinggal anda
  2. Singkirkan semua tempat yang bisa menjadi genangan air
  3. Pakai lotion anti nyamuk bila diperlukan
  4. Tutupi tubuh anda dengan pakaian tertutup untuk mengurangi resiko gigitan nyamuk
Penyakit demam berdarah pada umumnya dapat disembuhkan dalm 1 atau 2 minggu pengobatan, tentu saja dengan menggunakan obat yang benar, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sedini mungkin.
sumber :http://www.janggleng.com/penyakit-demam-berdarah.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lorem

Ipsum

Dolor