TBC

Kamis, 14 Februari 2013


Penyakit TBC atau tuberculosis merupakan penyakit yang banyak diidap oleh manusia, penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menular. Penyakit ini biasa menyerang pada bagian paru-paru manusia, meski begitu sering juga menyerang pada bagian-bagian lain dalam tubuh. Lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia terserang Mycobacterium tuberculosis, bakteri yang menyebabkan TBC, Penyakit ini pun menjadi penyakit ke 7 yang paling sering menyebabkan korbannya kehilangan nyawa. Penyakit ini sering ditularkan lewat udara melalu batuk atau bersin dari orang yang telah terinfeksi bakteri penyebab TBC.
penyakit tbc
Berikut beberapa fakta tentang penyakit TBC yang berhasil kami rangkum :
  1. Ketika orang yang mengidak penyakit TBC  batuk atau bersin, maka bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut dapat menginfeksi orang di sekelilingnya.
  2. Pada tahun 2008 terjadi 1,8 juta kematian yang disebabkan penyakit ini. Atau sekitar 4930 kematian setiap harinya. 5oo ribu lebih diantaranya mengidap penyakit Hiv aids. Penyakit TBC biasa menyerang pada pria muda dan paling banyak ditemui di negara-negara Asia seperti Indonesia, china, india, pakistan, malaysia.
  3. Bank dunia memperkirakan bahwa penyakit TBC dapat menghilangkan 4-7% dari pendapatan domestik bruto pada setiap negara yang penduduknya terjangkit oleh penyakit ini.

Penyebab penyakit TBC

Setiap penyakit tentu ada penyababnya, tidak terkecuali TBC. Mengetahui apa penyebab dari setiap penyakit lebih memudahkan kita untuk menghindarinya agar sebisa mungkin untuk tidak terjangkit olehnya. Penyebab utama penyakit TBC adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis, penyebarannya melalui udara yang yang telah tercemari oleh bakteri ini melalui batuk dan bersin penderita TBC. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi para pengidapnya untuk selalu menggunakan masker bila bepergian ke luar ruangan.

Gejala TBC

Berikut ini beberapa gejala yang paling umum ditemukan pada penderita penyakit TBC
  • Nyeri dada dan batuk berdarah, ini merupakan gejala yang khas dari penyakit ini. Jika anda mengalami ini maka segera periksakan kesehatan anda ke dokter terdekat untuk mendapat diagnosis yang tepat dan penanganan secara cepat. Batuk ini biasanya berlangsung lebih dari tiga minggu.
  • Demam, tidak seperti demam karena penyakit lainnya, demam yang diakibatkan oleh TBC cenderung berlangsung lama dan terus menerus.
  • Menurunnya nafsu makan, memang hampir semua gejala penyakit biasanya terdapat penurunan nafsu makan, namun anda dapat menyimpulkan gejala penyakit apa yang sedang terjadi dengan cara menggabungkan beberapa gejala-gejala yang telah disebutkan di atas.

Pengobatan TBC

Pengobatan yang sering dilakukan pada penderita penyakit TBC adalah dengan pemberian obat-obatan seperti Isoniazid, Rifampisin, Etambutol, dan Pirazinamid. Pada tahun 1970 WHO sangat merekomendasikan Directly Observed Treatment Short-course yang disingkat menjadi DOTS sebagai obat TBC karena terbukti ampuh dapat melenyapkan bakteri Mycobacterium tuberculosis secara permanent.
sumber :http://www.janggleng.com/penyakit-tbc.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lorem

Ipsum

Dolor